Pangkalpinang (Antara Babel) - Artis ibukota Aura Kasih bakal ikut memeriahkan gelaran Festival Pesona Serumpun Sebalai nusantara 2016 di Alun-alun Taman Merdeka kota Pangkal Pinang yang bakal digelar 20-26 Juli 2016.

Kepala dinas Pariwisata Babel, K.A Tajudin mengatakan, jika tahun sebelumnya gelaran ini hanya diikuti regional Provinsi Babel saja, kali ini didukung kementerian pariwisata festival naik kasta bertaraf nasional.

Hari ini saja, kata dia, kontingen dari Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Banten dan Nusa Tenggara Barat akan mengirimkan masing-masing satu tim tari.

"Prestasi tersendiri bagi Babel, festival yang awalnya bertujuan melestarikan tarian asli Bangka kini lebih luas dengan keikutsertaan provinsi lain. sebanyak 8 provinsi sudah memastikan diri datang ke Bangka," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Dalam Festival Pesona serumpun sebalai kali ini, terdapat tiga event sekaligus yang akan dilaksanakan, yakni Lomba Tari Tradisional Pesona serumpun sebalai yang hanya diperuntukan bagi tim kabupaten kota se-Babel.

Kemudian disambung Festival Pesona Serumpun sebalai Nusantara 2016 yang diikuti peserta dari provinsi se-Indonesia mulai 23-26 Juli 2016.

"selain Lomba Tari Tradisional, di hari pertama dan kedua juga kita gelar festival seni tradisi, untuk waktunya mulai pagi hingga malam," katanya.

Tak hanya dapat melihat tarian tradisional dari berbagai provinsi, lanjutnya, pada pembukaan Festival Pesona serumpun sebalai nusantara 2016 tanggal 23 Juli 2016 sejumlah artis Ibukota seperti Aura Kasih juga akan ikut memeriahkan acara yang diyakini akan menarik wisatawan luar daerah ini.

"Aura Kasih akan datang dan tampil pada pembukaan Pesona Serumpun Sebala Nusantara, 23 Juli 2016 mendatang," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Rustam Effendi mengaku sejumlah persiapan sudah dilakukan  untuk menyambut kontingen dari berbagai provinsi di ajang tahunan ini, dewan juri juga langsung didatangkan dari Institut Kesenian Jakarta.

"Kita sudah siap menggelar festival ini, sejumlah hotel dan penginapan juga sudah melakukan persiapan menyambut kontingen dari berbagai provinsi," katanya.

Gubernur berbangga hati, lantaran festival ini kini didukung pemerintah pusat dan menjadikannya ajang lomba tari tradisional tingkat nasional. kedepan dirinya berharap gelaran serupa kembali naik tingkat menjadi tingkat ASEAN.

"Pak menteri Pariwisata juga berharap Festival ini bisa ditingkatkan menjadi festival Tari Tradisional internasional, minimal negara serumpun seperti Brunei darusalam dan malaysia," katanya.

Ia berharap, festival dengan tema Budaya ini juga sejalan dengan program pemprov dalam peningkatan ekonomi bidang pariwisata sebagai ajang promosi pariwisata Babel di dunia internasional.

"Ajang seperti ini akan terus kita pelihara sejalan dengan ditetapkannya Babel sebagai kawasan ekonomi kreatif bidang pariwisata, kita akan gencar mempromosikan wisata Babel agar destinasi wisata terus meningkat" ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016