KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta partai politik (parpol) mendukung dalam menciptakan kondusivitas rapat pleno rekapitulasi guna mempercepat penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2024.

"Saat ini rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota sedang berjalan dan diharapkan parpol mendukung dalam menciptakan kondisi yang kondusif," kata Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Babel Yuli Restuwardi di Pangkalpinang, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Babel bertanya kepada para pengurus dan saksi dari masing-masing partai politik apakah mereka ingin rekapitulasi hasil penghitungan suara ini cepat selesai atau tidak.

"Kalau ingin cepat selesai, kami berharap parpol mendukung proses rekapitulasi suara pemilu ini," ujarnya.

Ia menyatakan KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu tingkat kabupaten/kota dapat selesai pada Minggu (3/3/2024) dan ini tergantung kondisi dan kondusivitas selama proses rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024.

"Kalau parpol tidak setuju dengan uraian dan angka, maka silahkan untuk dikoreksi dan jika bisa diperbaiki akan diperbaiki. Apabila tidak menerima silahkan untuk mengajukan ke Bawaslu.

"Kalau perselisihan tidak selesai di forum ini, maka ada forum lainnya untuk menyelesaikan sebagai mana diatur dalam perundang-undang kepemiluan berlaku," katanya.

Ia berharap parpol tidak memaksakan penyelesaian perselisihan di forum rapat pleno penghitungan hasil suara pemilu ini, karena akan memperlambat proses dan penetapan hasil penghitungan suara.

"Ada Mahkamah Konstitusi dalam menyelesaikan sengketa atau perselisihan penghitungan hasil suara pemilu ini dan ada Bawaslu dalam menangani kesalahan prosedur atau tata cara rapat pleno ini," katanya.

Ia meminta parpol untuk membantu KPU dalam mempercepat penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu ini dengan menciptakan situasi kondusif selama proses rekapitulasi ini.

"Bantu kami dalam menciptakan situasi kondusif, makin cepat selesai tentunya akan lebih baik, agar bapak ibu bisa tergambar hasil perjuangannya dalam memenangkan calon presiden, DPD,DPR RI, provinsi, kabupaten dan kota dalam dua bulan terakhir ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024