Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih meningkatkan sinergisitas kader PKK di seluruh kabupaten dan kota, guna menangani dan menuntaskan stunting di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun ini momentum mewujudkan sinergisitas kader PKK seluruh kabupaten dan kota se-Kepulauan Babel," kata Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat puncak HKG PKK ke-52 Tahun 2024 di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 ini dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK, untuk bergerak bersama menyukseskan program pemerintah dalam menuntaskan stunting dan masalah sosial lainnya di masyarakat.

"Kita memiliki Program Dasawisma yang memiliki akses langsung ke rumah tangga dalam mendata dan mengintervensi kasus stunting di tempat masing masing," katanya.

Menurut dia salah satu strategi pemerintah dalam mengentaskan stunting, yakni melakukan pemenuhan gizi ibu hamil maupun anak. Pemenuhan gizi itu, dapat diperoleh dari asupan makanan yang bersumber dari pangan yang ada di sekitar lingkungan.

"PKK adalah motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi, beserta sinergisitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah,  pemerintah daerah, maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Ia menyatakan ada beberapa program dalam rencana induk Gerakan PKK yang berkorelasi dengan pemerintah meliputi penanganan stunting, pelaksanaan kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tata rumah tangga, serta terlaksananya program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap bencana.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader yang tetap semangat, dan sportif selama mengikuti rangkaian acara peringatan HKG, dan selamat kepada seluruh pemenang perlombaan dan mampu untuk memberikan penampilan yang terbaik di tingkat nasional," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA, Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, Ketua Bhayangkari, Ketua DWP, dan ketua organisasi lainnya turut memberikan apresiasi berupa piala, serta uang pembinaan (Secara simbolis) kepada pemenang lomba parade, paduan suara, cerdas cermat, lomba masak, lomba senam, dan lomba jingle. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024