Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Burhanudin mengajak warga mengembangkan usaha budi daya ikan lele, karena berdampak terhadap peningkatan perekonomian.

"Saya ingin dan mengajak warga kembangkan usaha budi daya ikan lele, karena memiliki prospek ekonomi seiring tingginya permintaan pasar," katanya di Manggar, Rabu.

Bupati mendorong warga membentuk kelompok budi daya ikan lele agar usaha mereka memiliki tata kelola bisnis yang baik.

"Jika dikembangkan secara berkelompok, tentu berdampak pula terhadap perputaran roda ekonomi anggota yang tergabung dalam kelompok," ujarnya.

Burhanudin meminta pemerintah desa bisa menjadi motor dan inisiator dalam mengembangkan usaha budi daya ikan lele tersebut.

"Seperti yang sudah dicontohkan Pokdakan Kolong Kero Desa Padangsasak yang berhasil menebarkan 10.000 bibit lele dan sudah melakukan panen perdana," ujarnya.

Pokdakan Kero tersebut merupakan binaan pemerintah desa dan bupati berharap bisa ditiru desa yang lainnya.

"Semoga budi daya ini bisa ditiru dan dikembangkan di seluruh desa karena program seperti ini memberikan nilai produktif bagi masyarakat," ujarnya.

Ketua Pokdakan Kolong Kero Mahyudin menyampaikan budidaya ikan lele ini mampu menghasilkan ribuan kilogram ikan lele konsumsi dan Ikan lele tersebut siap dijual untuk masyarakat.

“Budidaya ini dari dana desa yng dimulai dari membangun tambak ikan bibit lele sebanyak 10 ribu bibit hingga pakan lele. Semua dilakukan sama-sama hingga ikan lele siap jual," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024