Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat angka partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 mencapai 87,68 persen.

"Angka partisipasi kita mencapai 87,68 persen dari 124.227 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (dpt)," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra di Koba, Minggu.

KPU Bangka Tengah juga mencatat, angka partisipasi Pemilu 2024 lebih tinggi angka partisipasi Pemilu 2019 sebesar 83 persen.

"Angka partisipasi pemilih ini kita dapatkan setelah hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi," kata Supendi.

Ia mengatakan, angka partisipasi pemilih di Bangka Tengah merupakan nomor dua tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Babel.

"Kita nomor dua tertinggi, partisipasi tertinggi itu diperoleh Kabupaten Bangka Selatan mencapai 88,76 persen dan terendah adalah Kota Pangkalpinang sebesar 83,15 persen," jelasnya.

Sementara angka partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 di Provinsi Babel mencapai 85,84 persen dari 916.278 pemilih yang masuk dalam dpt.

Menurut Supendi, tingginya angka partisipasi itu tidak luput dari peran serta semua elemen mulai dari melakukan sosialisasi yang gencar dari penyelenggara pemilu baik dari kpu, ppk, pps dan kpps.

"Ditambah lagi peran serta pemerintah daerah yang ikut dalam mensosialisasikan pemilu kepada pemilih pemula," ujarnya

Ia juga memberikan apresiasi kepada kalangan pers yang merupakan mitra strategis dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

"Peran kawan-kawan pers yang aktif memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait Pemilu 2024, sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024