PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi keselamatan transportasi bersama Ditlantas Polda Babel untuk mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung Arny Irawati Tenriajeng dalam rilis yang diterima di Pangkalpinang, Rabu (20/3) menyampaikan kegiatan ini melibatkan komunitas road safety rangers dari Universitas Bangka Belitung yang dibentuk oleh Jasa Raharja sebagai komunitas pelopor keselamatan Babel serta beberapa insan media di Pangkalpinang. 

Dalam kegiatan ini Jasa Raharja juga mengajak seluruh peserta agar berkomitmen untuk turut meningkatkan keselamatan transportasi dan menjadi bagian dari Jasa Raharja road safety community, yakni komunitas masyarakat yang peduli terhadap keselamatan transportasi, nantinya kami harap komunitas ini menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dalam paparannya Arny menyampaikan jumlah penyerahan santunan PT Jasa Raharja sepanjang tahun  2023 adalah 11,6 M atau naik 13,62 % dibandingkan tahun 2022. 

"Ini tentunya harus menjadi concern kita semua, data ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kasus kecelakaan maupun fatalitas korban, dan kecelakaan ini juga berdasarkan penelitian dari beberapa universitas di Indonesia memengaruhi perekonomian keluarga korban, dimana 62,5 % korban kecelakaan meninggal dunia keluarganya mengalami pemiskinan," kata Arny.

Arny Menjelaskan Jasa Raharja sangat konsen terhadap keselamatan transportasi, salah satunya melalui program pencegahan kecelakaan yang konsisten dilaksanakan. 

“Saat ini kami focus terhadap perubahan prilaku masyarakat melalui socio engineering, karena sesuai dengan yang disampaikan pakar transportasi di Babel, mayoritas kasus kecelakaan diakibatkan oleh human error, untuk itu kami rasa yang harus kita lakukan adalah bagaimana bisa merubah prilaku masyarakat untuk tertib berkendara” tambahnya.

Beberapa upaya yang dilakukan Jasa Raharja yakni melalui sosialisasi secara langsung maupun melalui media social, pelaksanaan FGD dengan Forum Komunikasi Lalu Lintas Jalan (FKLL), pelaksanaan program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL), dan Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas. 

“Upaya-upaya tersebut sasarannya adalah dapat merubah perilaku masyarakat agar lebih tertib berkendara, untuk mengurangi risiko kecelakaan, kami berharap juga bahwa rekan-rekan media dapat turut berperan aktif mengedukasi dan mensosialisasikan tentang keselamatan transportasi ini,” tambahnya.

Dengan melakukan penandatangan komitmen bersama para peserta yang hadir untuk menjadi bagian dari komunitas keselamatan transportasi. 

“Kami ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua yang hadir dan telah berkomitmen untuk menjadi bagian dari JR road safety community. Besar harapan kami rekan-rekan nantinya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, melalui tulisan dan pemberitaannya mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli dan sadar keselamatan berlalu lintas, dan konsisten turut mensosialisasikan risiko berkendara, perlindungan dan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024