Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan program operasi pasar menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah untuk membantu warga memenuhi berbagai kebutuhan bahan pangan pokok.

"Sudah kita siapkan program tersebut, rencananya kita gelar di setiap kecamatan dengan menjangkau seluruh kelurahan dan desa pada 25 dan 26 Maret 2024," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan Kabupaten Bangka Barat Aidi di Mentok, Kamis.

Untuk menyukseskan rencana operasi pasar tersebut, Pemkab Bangka Barat bersama unsur Forkopimda dan perwakilan sejumlah perusahaan yang ada di daerah itu, antara lain PT Timah Tbk, perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan perbankan telah melakukan pertemuan awal membahas rencana itu.

Dalam program pasar bersubsidi ini, perusahaan diajak membantu melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan memberikan subsidi sehingga diharapkan nantinya warga yang ingin membeli paket bahan pokok tersebut hanya mengeluarkan biaya belanja setengah harga.

Dalam penyediaan bahan pangan pokok untuk masyarakat, Pemkab Bangka Barat bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Bangka.

Untuk saat ini, harga beberapa bahan pokok masih cukup tinggi sehingga perlu adanya bantuan dari pemerintah daerah untuk menyediakan bahan pokok murah di bulan Ramadhan.

"Kita ingin membantu warga pada saat menghadapi Lebaran, dalam program ini kita akan siapkan paket berisi lima kilogram beras premium, satu kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng, kami harap bisa membantu dan tepat sasaran," katanya.

Paket berisi bahan pokok tersebut akan didistribusikan di seluruh 66 desa/kelurahan, masing-masing mendapatkan alokasi 100 paket.

Sebelumnya pemerintah melalui pemerintah desa/kelurahan telah melakukan pendataan agar bantuan yang disiapkan benar-benar tepat sasaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024