Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengundang Pemimpin Redaksi MNC Trijaya Network, Gaib M.Sigit dan Ketua Aliansi Jurnalis Idependent (AJI) Kota Pangkalpinang, Barliyanto sebagai pembicara dalam konsolidasi media untuk penguatan pemberitaan menjelang pemilihan serentak 2024.

Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar di Pangkalpinang , Minggu (24/3) mengatakan, Bawaslu RI sengaja datang ke Babel dalam konsolidasi media ini untuk menggagas kegiatan awal dari Bawaslu Babel menjelang tahapan pemilihan serentak 2024.

Dalam konsolidasi media ini Bawaslu Babel sengaja mengundang dua narasumber kompeten yakni pemimpin redaksi MNC Trijaya Network, Gaib M.Sigit dan Ketua Aliansi Jurnalis Idependent (AJI) Kota Pangkalpinang, Barliyanto.

"Konsolidasi ini bentuk silahturahmi dan kelanjutan kedepan dalam hal bermitra karena Bawaslu tidak dapat bekerja sendiri dalam menginformasikan kerja-kerja pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Babel," katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua peserta dalam konsolidasi tersebut untuk saling menyamakan pemikiran dan persepsi bahwa pemilihan serentak akan berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena akan banyak hal yang akan di hadapi setelah adanya beberapa calon yang hadir dan muncul sebagai kandidat.

"Sekarang sudah banyak bermunculan kandidat untuk pemilihan serentak. Saya harap media tetap mencairkan semua proses tahapan dan mengawal pesta demokrasi guna menghindari gesekan dan potensi-potensi yang akan selalu ada, apalagi dalam kondisi Babel saat ini banyak sekali ujiannya terkait perekonomian," ujarnya.

Dua narasumber yang dilibatkan Bawaslu Babel di kegiatan konsolidasi media dalam penguatan pemberitaan untuk tahapan pemilihan serentak 2024 ini membawakan tiga materi yakni "Media berselancar diatas ombak pemilu dan pilkada" yang dibawakan oleh Pemimpin redaksi MNC Trijaya Network, Gaib M.Sigit, "Etika dalam peliputan pemilu" dan "Meliput survei opini publik" yang dipaparkan oleh Ketua AJI Pangkalpinang, Barliyanto.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024