Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk panitia khusus guna membahas Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Bupati Belitung Tahun Anggaran 2023.

"Kami membentuk tiga panitia khusus untuk membahas LKPJ Bupati Belitung tahun anggaran 2023," kata Wakil Ketua I DPRD Belitung, Budi Prasetyo di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pembentukan panitia khusus ini dilakukan guna mempertajam pembahasan LKPJ Bupati Belitung tahun anggaran 2023 yang telah diserahkan atau disampaikan oleh Pj Bupati Belitung Yuspian sebelumnya.

Ia mengatakan, tiga pansus tersebut terdiri dari pansus pertama yang membidangi pemerintahan, hukum, dan politik selanjutnya pansus kedua membidangi ekonomi, keuangan, dan pembangunan, serta pansus ketiga yang membidangi kesejahteraan rakyat.

"Anggota pansus terdiri anggota komisi-komisi di DPRD Belitung yang berkaitan dengan bidang tugas masing-masing," ujarnya.

Dikatakan Budi, pansus pembahasan LKPJ Bupati Belitung akan bekerja secara mendalam, profesional, efektif, dan efisien.

"Pembahasan akan dilakukan secara profesional, mengupas tuntas hingga mendalam atas dokumen LKPJ tahun anggaran 2024 yang diserahkan oleh Pj Bupati Belitung," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Belitung sampaikan LKPJ tahun anggaran 2023

Ia menambahkan, DPRD Belitung sebelumnya telah menerima dokumen LKPJ Bupati Belitung tahun 2023 yang diserahkan oleh Pj Bupati Belitung dalam sidang paripurna.

Ruang lingkup dokumen LKPJ Bupati Belitung Tahun Anggaran 2023 terdiri atas hasil penyelenggaraan yang menjadi kewenangan daerah dan hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan, dan hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan meliputi capaian sasaran pembangunan daerah, pelaksanaan program kegiatan dan sub kegiatan serta permasalahan dan upaya penyelesaian kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya.

"Setelah dokumennya kami terima maka kami akan melaksanakan pembahasan melalui pansus yang akan dibentuk," ujarnya.

Ia menambahkan, hasil pembahasan pansus LKPJ Bupati Belitung tahun anggaran 2023 akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Belitung mendatang.

"Hasilnya nanti akan berupa catatan-catatan maupun rekomendasi-rekomendasi yang nantinya akan kami sampaikan dalam rapat paripurna dengan harapan catatan dan rekomendasi ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024