Penjabat Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian menyampaikan Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Bupati Belitung Tahun Anggaran 2023 dalam sidang paripurna DPRD setempat.

"Kepala daerah wajib menyampaikan LKPJ kepada DPRD yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan," kata Pj Bupati Belitung Yuspian dalam sidang paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Belitung Tahun Anggaran 2023 di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, dalam rangka melaksanakan otonomi daerah berdasarkan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2023 merupakan upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai tata kelola pemerintahan yang baik.

"Sehingga kepala daerah wajib melaporkan penyelenggaraan pemerintah daerah," ujarnya.

Yuspian menambahkan, ruang lingkup LKPJ Bupati Belitung Tahun Anggaran 2023 terdiri atas hasil penyelenggaraan yang menjadi kewenangan daerah dan hasil pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan, dan hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan meliputi capaian sasaran pembangunan daerah, pelaksanaan program kegiatan dan sub kegiatan serta permasalahan dan upaya penyelesaian kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya.

"Serta tindak lanjut rekomendasi dari DPRD Belitung di tahun anggaran sebelumnya," kata Yuspian.

Yuspian menjelaskan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Belitung tahun 2023 meliputi realisasi pajak sebesar Rp94 miliar, retribusi daerah sebesar Rp12,14 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp6,035 miliar, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp73,36 miliar.

"Total jumlah PAD Belitung realisasinya mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir dengan capaian 96,10 persen," ujarnya. 

Sedangkan capaian kinerja pengelolaan belanja daerah Pemerintah Kabupaten Belitung pada 2023 terealisasi sebesar Rp830 miliar dari target alokasi anggaran belanja daerah di tahun 2023 Rp959 miliar atau sebesar 86,59 persen.

"Belanja daerah terus menunjukkan peningkatan dalam tiga tahun terakhir baik pada target maupun realisasi anggaran," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024