Sebanyak 17 pemenang dari 8 katagori menerima Paritrana Award 2023 yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (27/3).

Piagam Paritrana Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh presiden dan diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pelaku usaha yang berskala besar, menengah, usaha sektor layanan publik, dan usaha mikro yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Muhyidin mengatakan penghargaan ini merupakan penghargaan jaminan sosial yang diberikan kepada pemerintah Kabupaten kota kepada pelaku usaha, UMKM dan desa yang berkomitmen untuk mengimplementasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Para penerima penghargaan ini, dari yang terbaik di tingkat provinsi nanti akan kita kirim ke tingkat pusat. Nanti akan diseleksi pemenangnya siapa masing-masing. Dari beberapa yang sudah kita kirim, nanti setelah seleksi akan dipanggil untuk wawancara dan akan diberikan penghargaan secara nasional di masing-masing zona. Kalau di sini masuk zona Sumatra," katanya.

Untuk penerima penghargaan Paritrana ini, kata Muhyidin, ada beberapa indikator yang dinilai, yang pertama dari sisi regulasinya, sejauh mana pemerintah daerah sudah membuat regulasi yang mendorong percepatan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kemudian yang kedua, berapa besar cakupan secara keseluruhan di provinsi Bangka Belitung, di mana saat ini baru 42 persen dan ini harus di dorong agar cakupannya semakin besar.

Selanjutnya yang dinilai yaitu inovasinya, apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah, maupun pelaku pelaku usaha untuk mengoptimalkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan seperti perlindungan untuk pekerja rentan, misalnya dari Kota Pangkalpinang ada 4.500 pekerja, kemudian dari Basel ada 2.500 dan dari Bangka tengah ada 1.500 pekerja rentan.

"Dengan adanya pemberian penghargaan Panitrana Award ini, diharapkan pemerintah kabupaten kota, desa, perusahaan maupun pelaku usaha terus berupaya mengoptimalkan perlindungan sosial bagi para pekerja mereka," katanya.

Abdul Shoheh selaku kepala cabang BPJS ketenagakerjaan Pangkalpinang menyampaikan, hari ini kami memberikan penghargaan kepada 17 pemenang dengan 8 katagori paritrana award.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan semuanya yang telah berkontribusi untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dan kami berharap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini akan terus di tingkatkan ditahun 2024," katanya.

Kepala Disnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elius Gani menyampaikan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah mengadakan Paritrana Award sebagai bentuk penghargaan kepada pemerintah daerah, pelaku usaha dan lainnya.

"Kepada para pemenang, baik dari pemerintah kabupaten kota, lembaga pendidikan, perusahaan, BUMN, UMKM dan lainnya, kami juga berterima kasih karena telah ikut mengimplementasikan perlindungan sosial ini, mudah-mudahan cakupan yang diharapkan itu angkanya itu semakin meningkat. Kalau tadi data tadi nasional cakupannya sebesar 41 perseb, nah kita di Babel sudah 42 persen artinya sudah tinggi dari dari dari nasional," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah provinsi juga berkomitmen terhadap pelaksanaan BPJS ketenagakerjaan pekerjaan, di mana semua tenaga kontrak kita sudah diikutsertakan dan baru-baru ini seluruh anggota  Kopri juga sudah diikutsertakan pada BPJs Ketenagakerjaan.

Adapun Pemenang Paritrana Award 2023, yaitu :

Katagori Kabupaten/kota
1. Kota Pangkalpinang 
2.Kabupaten Bangka Selatan
3.KABUPATEN BANGKA TENGAH

Katagori Desa/Kelurahan 
1. Desa Kemuja, Bangka
2. Desa Perlang, Bangka Tengah
3. Desa Belo, Bangka Barat

Katagori Usaha Sektor Pertambangan, Manufaktur dan Konstruksi
1. PT Timah Tbk
2. PT DOK & Perkapalan Air Kantung

Kategori Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan & Perikanan 
1. PT Rebinmas Jaya
2. PT Gunung Pelawan Lestari

Katagori Sektor Pendidikan
1. Universitas Pertiba
2. Universitas Bangka Belitung
3. Politeknik Manufaktur Negeri Babel

Sektor Keuangan
1. PT BPR Ukabima Lestari

Sektor Perdagangan dan Jasa
1. PT Jalur Nugraha Ekspres
2. PT Setra Gita Nusantara

Sektor Kecil dan Mikro
1. Adena Belitung Mandiri

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024