Ratusan umat Katolik mengikuti kegiatan ibadah Misa Kamis Putih di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kamis malam.

Sekretaris Pipa Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Yohannes Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Kamis malam mengatakan ibadah Misa Kamis Putih dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Kegiatan ibadah Misa Kamis Putih dipimpin langsung oleh RD Fransiskus Paskalis dan diikuti sekitar 300 sampai 400 umat," katanya.

Menurut dia, Misa Kamis Putih merupakan rangkaian awal dari Tri Hari Suci Paskah 2024.

Ia menjelaskan, Kamis Putih adalah hari ketika Yesus merayakan Paskah terakhir bersama para murid-Nya.

Disampaikannya, perjamuan Paskah sendiri terjadi ketika Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya dengan menunjukkan kerendahan hati yang luar biasa.

"Kamis Putih adalah untuk memperingati amanat dari Kristus pada hari Kamis minggu terakhir sebelum Kristus disalib dan bangkit," 
ujarnya.

Ia menambahkan, pihak Gereja Katolik Regina Pacis Tanjung Pandan mengundur jadwal kegiatan ibadah Misa Kamis Putih dari pukul 18.00 WIB menjadi pukul 19.00 WIB guna menghormati umat Islam yang sedang berbuka puasa di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Biasanya kalau di luar bulan Ramadhan kegiatan ibadah Misa Kamis Putih kami mulai pukul 18.00 WIB namun sebagai bentuk menghormati umat Islam yang buka puasa dan bentuk toleransi beragama kegiatan ibadah kami undur dan dimulai pukul 19.00 WIB," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024