Koba (Antara Babel) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melantik 18 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) di gedung Diklat Pemkab setempat di Koba, Sabtu.

"Sebanyak 18 anggota Panwascam ini akan ditempatkan pada enam kecamatan di Bangka Tengah atau tiga orang setiap kecamatan," kata Ketua Panwaslu Bangka Tengah, Yudi.

Ia menjelaskan, sebanyak 18 anggota Panwascam itu dipersiapkan untuk membantu Panwaslu dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya Pilgub Bangka Belitung 2017.

"Mereka dipilih sudah berdasarkan hasil seleksi yang cukup ketat, kami percaya mereka mampu bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya," ujarnya.

Ia mengatakan, Panwascam merupakan ujung tombak Panwaslu untuk melakukan pengawasan di tingkat kecamatan hingga desa dan diharapkan mampu bekerja sama serta berkoordinasi dengan pihak kecamatan atau desa.

"Kami percaya 18 anggota Panwascam ini benar-benar netral dan tidak terlibat politik praktis. Sebagian dari mereka sudah memiliki pengalaman tentang kepemiluan," ujarnya.

Ia menegaskan, anggota Panwascam harus memiliki integritas yang tinggi dan tidak mudah diintervensi oleh pihak manapun dalam menjalankan tugasnya.

"Dan yang paling dilarang adalah anggota Panwascam dilarang keras terlibat partai politik dan berpolitik praktis dengan memihak kepada satu pasangan calon," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016