Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan perbaikan sejumlah fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan pemudik di terminal tunggu sementara Pelabuhan Tanjungkalian yang berlokasi di Kawasan Pantai Baturakit Mentok.

"Perbaikan fasilitas pendukung ini dilakukan untuk menambah kenyamanan bagi para pelaku perjalanan yang mengantre di lokasi itu, ini bentuk persiapan kita menghadapi lonjakan pemudik Idul Fitri 1445 yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Tanjungkalian," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat Juswardi di Mentok, Senin.

Ia mengatakan keberadaan terminal tunggu sementara yang ditempatkan di Kawasan Pantai Baturakit diharapkan bisa mengurai antrean kendaraan pemudik di tepi jalan sehingga lalu lintas menjadi lancar dan aman.

"Terminal tunggu sementara ini kita siapkan, sudah mulai pembersihan rumput, toilet diperbaiki, lampu penerangan juga sudah dipasang," ujarnya.

Selain itu, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait lain juga sedang menyiapkan untuk mendirikan posko mudik lebaran di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

Berbagai persiapan itu diharapkan bisa mendukung kenyamanan, keamanan dan keselamatan para pelaku perjalanan mudik.

Ia mengatakan terminal tunggu sementara yang berada di Kawasan Pantai Baturakit bisa menampung sekitar 700 unit mobil pribadi sehingga akan cukup membantu, baik untuk kelancaran lalu lintas maupun kenyamanan pemudik yang mengantre jadwal pemberangkatan kapal.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024