Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menyebutkan inflasi Provinsi Kepulauan Babel secara month to month dan year on year pada Maret 2024 terendah kedua di Indonesia.

“Statistik kita menunjukkan angka yang menggembirakan dan ini merupakan hal yang fantastis," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan inflasi Provinsi Kepulauan Babel secara month to month selama Maret 2024 sebesar 0,04 persen. Sementara itu, inflasi secara year to year 1,80 persen atau terendah kedua di Indonesia.

"Angka inflasi kita sudah bisa dikatakan rendah, namun bisa saja lebih rendah lagi. Angka seperti itu cukup kita maintain (kelola) dan mudah-mudahan bisa dipersiapkan dengan baik," ujarnya.

Ia menyatakan inflasi secara month tp month Maret 2024 di Kabupaten Belitung Timur  0,32 persen, Bangka Barat 0,22 persen, Kota Pangkalpinang 0,04 persen, sementara Kabupaten Belitung mengalami deflasi -0,54 persen.

"Kita harus tetap mengantisipasi dari certain circumstances atau keadaan-keadaan tertentu yang membuat kita harus melakukan juga certain actions atau tindakan tertentu sehingga uncertainty bisa di kurangi," katanya.

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga inflasi y-on-y terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks di beberapa kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau 3,96 persen, pakaian dan alas kaki 1,53 persen, kesehatan 3,85 persen.

Selanjutnya kelompok transportasi naik sebesar 0,69 persen, rekreasi, olahraga, dan budaya 0,99 persen pendidikan sebesar 1,76 persen, penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,87 persen, perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,42 persen.

Sementara kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks atau mengalami deflasi, yaitu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,55 persen, perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 1,04 persen, informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,17 persen.

“Inflasi Babel saat ini terendah ke dua di Indonesia baik secara month to month maupun year to year. Ini merupakan hal yang fantastis,” kata Toto Haryanto.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024