Sebanyak 152 pemudik di pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berangkat menuju pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Syaiful Anwar di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan arus mudik Lebaran 2024 mulai terasa di pelabuhan Tanjung Pandan terhitung H-6 Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Saat ini pergerakan penumpang di pelabuhan Tanjung Pandan sudah mulai terasa terhitung H-6 Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya.

Menurut dia, sebanyak 152 penumpang tersebut merupakan pemudik yang memilih melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 lebih awal ke kampung halamannya.

Hal ini dilakukan guna menghindari antrean dan penumpukan penumpang di pelabuhan Tanjung Pandan.

"Kami melihat mereka yang berangkat adalah para pemudik yang memilih mudik lebih awal untuk berlebaran bersama keluarga," ujarnya.

KSOP Kelas IV Tanjung Pandan memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan akan berlangsung pada, Minggu (7/4) dan Senin (8/4) mendatang.

"Kami prediksikan puncak arus mudik di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada tanggal tersebut karena sudah memasuki libur sekolah dan cuti bersama bagi pekerja yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Disampaikannya, para pemudik tujuan pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang dilayani oleh kapal cepat Express Bahari 3 E.

"Kami imbau para pemudik tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan mudik Lebaran 2024," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024