Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Babel pada Februari 2024 mencapai 72,12 ribu orang, atau naik 12,73 persen dibandingkan bulan sebelumnya 63,98 ribu orang.

"Peningkatan ini karena naiknya penumpang di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang 15,91 persen dan Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung 6,19 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu atau Januari hingga Februari 2023 jumlah penumpang yang berangkat turun sebesar 3,90 persen.

"Diperkirakan jumlah penumpang angkutan udara selama Maret hingga April tahun ini juga akan mengalami peningkatan siginifikan, karena adanya momen arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah," katanya.

Ia menyatakan jumlah penumpang yang datang di dua bandar udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama Februari 2024 sebanyak 70,35 ribu orang, atau meningkat sebesar 0,51 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Peningkatan jumlah kedatangan penumpang ini dipicu oleh peningkatan jumlah penumpang pada Bandar Udara Depati Amir Kota Pangkalpinang sebesar 1,74 persen. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu kedatangan penumpang tercatat turun sebesar 6,44 persen," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mengimbau perusahaan penerbangan untuk melakukan penambahan penerbangan untuk mendukung arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

"Dengan adanya penambahan penerbangan ini tidak hanya memudahkan masyarakat untuk mudik lebaran, tetapi juga membantu pemerintah dalam menekan inflasi akibat kenaikan tarif jasa angkutan udara ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024