Penjabat Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Lusje Anneke Tabalujan mengimbau masyarakat kota itu agar merayakan malam takbir Idul Fitri 1445 Hijriah di lingkungan masing-masing.

"Ada baiknya kita menggantikan kegiatan takbir keliling kota dengan takbir bersama di masjid dekat rumah masing-masing guna mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Lusje Anneke Tabalujan di Pangkalpinang, Kamis.

Dengan menggelar malam takbir sebagai bentuk syukur telah diberikan kesempatan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan di masjid yang ada di lingkungan masing-masing maka akan menambah kegembiraan dan mengeratkan silaturahim bersama tetangga terdekat.

"Jadi teman-teman atau saudara kita yang akan melakukan takbiran di malam terakhir puasa menjelang Lebaran silakan takbiran semeriah mungkin di lingkungan masing-masing," katanya.

Menjelang hari besar keagamaan ini diharapkan seluruh warga tetap menjaga ketertiban dan keamanan dengan terus membuat hal-hal baik dan menyenangkan.

Selain itu, tradisi saling memaafkan, bersilaturahim, saling berkunjung ke keluarga, tetangga, sanak saudara juga perlu dijaga kelestariannya.

"Mari kita saling memaafkan, saling berkunjung, dan saling berbagi bila ada rezeki yang perlu dibagikan," katanya.

Sementara itu, terkait dengan rencana shalat Idul Fitri, Pemkot Pangkalpinang akan menggelarnya di Masjid Agung Kubah Timah Kota Pangkalpinang yang direncanakan dilaksanakan pada Rabu (10/4) pukul 07.30 WIB.

Masjid Agung Kubah Timah dinilai cukup representatif untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri karena mampu menampung hingga 2.000 orang. Halaman masjid nantinya diperuntukkan bagi jamaah laki-laki dan bagian dalam masjid untuk perempuan.

"Kita akan lakukan persiapan agar shalat Idul Fitri di kompleks Masjid Agung Kubah Timah ini berjalan dengan baik, aman, tertib dan nyaman," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024