Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Seksi Dokkes siap memberikan pelayanan medis kepada para pelaku perjalanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Para petugas medis tetap kami siagakan untuk memberikan pelayanan kepada para pelaku perjalanan maupun para petugas yang terlibat dalam pelayanan mudik Lebaran kali ini," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Senin.

Ia mengatakan pelayanan diberikan secara gratis untuk warga yang ingin memanfaatkan pelayanan medis dari para petugas Seksi Dokkes yang berada di lokasi itu.

"Sudah ada beberapa pemudik yang mendapatkan perawatan, ada yang pingsan, kelelahan dan beberapa keluhan lain," katanya.

Menurut dia, kehadiran petugas Seksi Dokkes Polres Bangka Barat di tengah masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik dibutuhkan untuk membantu melakukan tindakan cepat dan tepat saat terjadi permasalahan kesehatan pemudik.

"Para petugas ini memang kita siapkan untuk mengantisipasi kemungkinan insiden semacam itu selama musim liburan, memberikan respons dengan cepat agar selamat," katanya.

Selain memberikan pelayanan langsung di Pelabuhan Tanjungkalian, Polres Bangka Barat juga menyiapkan petugas untuk melakukan evakuasi jika sewaktu-waktu dibutuhkan tindakan lanjutan di rumah sakit atau puskesmas.

Ia berharap kehadiran petugas kesehatan di tengah kerumunan pelaku perjalanan ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman selama menunggu jadwal pemberangkatan kapal feri menuju Pulau Sumatera.

"Pada puncak arus mudik seperti saat ini, calon penumpang bisa menunggu jadwal keberangkatan cukup lama di pelabuhan, kami minta mereka tetap menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu yang ada untuk istirahat agar badan tetap prima," katanya.

Selain itu, kata dia, bagi para pengemudi diimbau untuk tidak mengonsumsi obat yang bisa menimbulkan kantuk, alkohol dan mabuk.

"Mari bersama-sama wujudkan mudik Idul Fitri ini dengan lancar, aman, nyaman dan selamat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024