Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiagakan sejumlah personel di destinasi wisata daerah itu selama libur panjang Lebaran 2024.

"Kami menyiagakan sejumlah personel di destinasi wisata selama libur Lebaran 2024," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, personel yang disiagakan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan menjamin keselamatan masyarakat yang berwisata di momentum libur panjang Lebaran 2024.

Selain itu, kata Agus, personel yang disiagakan tersebut untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi suatu kondisi atau keadaan darurat.

"Memang ada potensi ancaman dan keadaan darurat di destinasi wisata yang harus menjadi perhatian bersama," ujarnya.

Ia menyampaikan, dalam momentum libur Lebaran 2024 dipastikan sejumlah kawasan destinasi wisata di Belitung ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Dikatakannya, sejumlah destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat libur Lebaran 2024 adalah pantai Tanjung Kelayang dan pantai Tanjung Tinggi.

"Personel kami siaga di sana apabila terjadi hal-hal darurat karena dipastikan akan ramai wisatawan yang berenang atau mandi di laut bersama keluarga," katanya.

Agus mengimbau masyarakat dapat mengutamakan keselamatan dalam berwisata di momentum libur Lebaran 2024.

Apalagi kepada para orang tua yang mengunjungi destinasi wisata pantai dapat mengawasi anaknya dengan ketat pada saat berenang atau mandi di pantai.

"Jangan karena lalai dari pengawasan orang tua terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024