Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan evaluasi terhadap kegiatan patroli Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kabag Ops Polres Bangka Selatan Kompol Elphiadi di Toboali, Selasa. mengatakan hasil evaluasi dari kegiatan patroli tersebut sangat memuaskan karena mampu membuat daerah itu aman dari tindak kriminal pencurian.

"Sampai saat ini tidak kami temukan ataupun laporan warga yang menjadi korban tindak pidana pencurian dan itu artinya patroli anggota cukup berhasil," ujarnya.

Elphiadi tidak menampik momentum lebaran bisa saja dimanfaatkan pelaku pencurian, terutama incarannya adalah rumah yang kosong ditinggal pemiliknya karena mudik lebaran. 

"Tetapi kita dari awal mengantisipasi kejadian tersebut dengan berpatroli secara rutin agar masyarakat yang mudik merasa nyaman dan aman," ujarnya.

Dia mengatakan patroli keliling memang ditingkatkan terutama pada tiga hari menjelang lebaran karena banyak rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya karena mudik lebaran

Ia menjelaskan kegiatan patroli tersebut dilakukan secara masif pada beberapa titik rawan untuk mencegah tindak kriminal pencurian.

"Rumah yang ditinggalkan pemiliknya dalam keadaan kosong karena mudik, tentu rawan kemalingan maka kita lakukan patroli keliling," ujarnya.

Ia juga mengatakan selama Operasi Ketupat Menumbing 2024 masyarakat juga bisa melaporkan langsung kepada petugas piket apabila ada kejadian kriminal sehingga cepat diambil tindakan.

"Saya memberikan apresiasi kepada petugas yang berpatroli karena mereka bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024