Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melatih petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban se-Pulau Belitung agar penanganan sapi dan kambing kurban sesuai dengan hukum Islam.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan para peserta dalam memeriksa kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini," Kepala Biro Kesra Pemkab Belitung Dedi Faiza saat membuka pelatihan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Belitung, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang digelar DPKP Kepulauan Babel itu diikuti 100 petugas masjid yang biasa menjadi panitia hewan kurban dan ASN di Belitung dan Belitung Timur.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan," ujarnya.

Ia mengatakan sapi dan kambing yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 harus memenuhi syarat sesuai hukum Islam, harus sehat, tidak stres agar proses penyembelihan hewan kurban ini berjalan dengan baik.

"Kalau bisa hewan kurban yang dikurbankan nanti harus sempurna dan terbebas dari berbagai penyakit," katanya.

Kepala DPKP Kepulauan Babel Edi Romdoni menyampaikan bimbingan teknis (bimtek) bagi juru sembelih yang dilaksanakan bersama Syiar Sembelih Halal ditujukan untuk meningkatkan kapasitas panitia dan petugas penanganan hewan kurban.

"Alhamdulillah antusias masyarakat sangat luar biasa, terutama para pengurus masjid dan mushala yang hadir untuk hadir menambah ilmu agar menjadi panitia yang baik dan amanah," katanya.

Ia menegaskan pentingnya panitia dan petugas penyembelihan hewan kurban menunaikan amanah dari warga Muslim yang mempercayakan penanganan hewan kurban kepada mereka dengan baik.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu masyarakat untuk semakin teredukasi tentang penanganan hewan kurban," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024