Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan lokal dengan pemberdayaan kelompok tani di desa.

"Untuk tahun ini kami bersama Kelompok Tani Makmur menanam ratusan bibit pohon durian dan alpukat, kami berharap upaya ini bisa menambah motivasi warga yang tergabung dalam kelompok tani tersebut untuk terus menggeluti usaha yang dijalankan, sehingga bisa semakin sejahtera," kata Kepala Desa Puput Li Ley Zhon, di Parittiga, Bangka Barat, Jumat.

Menurut dia, Kelompok Tani Makmur selama ini sudah mampu membangun kemandirian para anggota dengan menggeluti beberapa usaha pertanian dan peternakan.

Dengan adanya tambahan penanaman ratusan bibit tanaman buah tersebut diharapkan bisa menambah keanekaragaman usaha, sehingga peluang pemasaran produk yang dihasilkan menjadi semakin luas dan beragam.

"Program ini sengaja ditambahkan kepada Kelompok Tani Makmur, agar anggota kelompok tani ini mampu terus berkembang dalam berbagai usaha lainnya," katanya.

Ia menjelaskan Kelompok Tani Makmur sudah memulai usaha bersama sekitar tiga tahun, bahkan saat ini sudah memiliki sejumlah usaha yang dijalankan dengan baik dan berkembang, antara lain kebun sayur, perikanan dan peternakan sapi yang hingga kini telah mencapai puluhan ekor.

"Kegiatan masyarakat melalui kelompok tani ini telah mampu mengangkat taraf kesejahteraan anggota dan mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar, kita berharap ini akan semakin berkembang dan mandiri," katanya pula.

Selain mendapatkan dukungan dari Pemerintah Desa Puput, usaha yang dijalankan Kelompok Tani Makmur juga didampingi para petugas penyuluh, baik dari kecamatan maupun dinas dan Babinsa Koramil 0431-01/Jebus.

Penanaman ratusan bibit tanaman buah di lahan milik Pemerintah Desa Puput tersebut, juga diharapkan bisa menjadi lahan percontohan bagi warga sekitar.

Komandan Koramil 0431-01/Jebus Lettu Inf Zulkifli mengatakan Koramil Jebus akan terus mendukung dan melakukan pendampingan terhadap aktivitas yang dilakukan warga, khususnya mereka yang sudah tergabung dalam Kelompok Tani Makmur sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan.

"Ini juga merupakan salah satu program pemerintah secara nasional dan juga program dari TNI-AD itu sendiri," katanya lagi.

Menurut dia, program ketahanan pangan selain program pemerintah secara nasional juga menjadi salah satu program TNI-AD dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami bersama instansi terkait lainnya akan terus terus memberikan dukungan agar tercipta ekonomi yang baik dan menjadikan program ini sebagai upaya memperkokoh silaturahmi bersama seluruh masyarakat, sehingga tercipta negara yang kuat karena manunggalnya TNI bersama masyarakat dan mampu menciptakan suasana yang kondusif dan aman serta tertib di dalam masyarakat," katanya lagi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024