Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang melaksanakan siaga SAR Khusus dalam rangka pengamanan Giat Sungailiat Triathlon 2024, Sabtu (4/5).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bangka tersebut merupakan Event Tahunan yang sudah masuk dalam kalender Disparbud Kabupaten Bangka. Kegiatan Sungailiat Triathlon Event Sport Tourism yang menggabungkan perlombaan 3 cabang olahraga, yaitu renang, bersepeda, dan lari melintasi keindahan panorama exotic pantai terbaik yang ada di Kabupaten Bangka.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pantai Pesona Resort yang turut bekerja sama dengan asosiasi penggiat Triathlon Indonesia.

Dalam rangka memberikan keamanan pada pelaksanaan kegiatan renang, Kansar Pangkalpinang yang didukung oleh Tim SAR Gabungan diantaranya , Satpolairud Polres Bangka, BPBD Bangka dan Laskar Sekaban turut membantu mengamankan jalannya proses kegiatan renang agar lebih aman.

Kegiatan renang yang direncanakan Start pada pukul 06.30 WIB terhambat akibat cuaca yang buruk pada lokasi kegiatan. Panitia beserta Tim SAR Gabungan mengambil langkah dan menunda sementara pelaksanaan kegiatan renang hingga cuaca mereda.

Tepat pada pukul 07.54 WIB pelaksanaan kegiatan renang resmi dimulai, peserta yang berjumlah 195 orang yang terdiri dari Wisatawan Lokal hingga mancanegara melaksanakan kegiatan renang dengan jarak 750 meter. 

Pada pelaksanaan kegiatan Renang, terdapat beberapa peserta yang mengalami kelelahan pada saat berenang dan membutuhkan bantuan evakuasi. Tim SAR Gabungan yang didukung 4 rubber boat, 1 unit RBB, 1 Unit Jetski, 2 Perahu nelayan serta Drone Thermal dan Tim Medis melakukan evakuasi terhadap perenang mengalami kelelahan.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, I Made Oka Astawa menuturkan sebanyak 7 orang perenang yang mengalami kelelahan saat berenang berhasil kita evakuasi dan kita serahkan ke tim medis.

"Kondisi cuaca dilokasi kegiatan yang diguyur hujan dan angin kencang sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi mengakibatkan kegiatan renang tertunda hingga 1 jam setengah, "ujarnya.

Ia terus menghimbau agar para peserta bisa menjaga kondisi fisik yang prima agar pelaksanaan kegiatan renang dapat berjalan dengan baik hingga cabang perlombaan berikutnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024