Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto menyampaikan visi dan misi calon gubernur pada rapat pleno terbuka Partai Nasdem, Senin (13/5).

Naziarto menyampaikan bahwa untuk membuat visi dan misi sebagai calon gubernur ataupun Gubernur terpilih mendatang harus ada dasarnya, yaitu rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi 2025-2045.

"Kenapa kita ambil 2025-2045, karena kita akan mendapati Indonesia emas 2045 dimulai dari saat ini adalah titik poin untuk kita lanjutkan mulai dari Pilkada 2024, pemilu secara umum 2004 agar kita bisa tinggal landas mencapai Indonesia sejahtera dan makmur di tahun 2045," kata Naziarto.

Baca juga: Naziarto kembalikan formulir pendaftaran Bacagub, PKS Babel: Kami sangat apresiasi

Ia mengatakan, adapun visinya yang berangkat dari point of review tersebut adalah terwujudnya masa depan Bangka Belitung, masyarakat yang berkemajuan, berkemandirian, sejahtera dan makmur.

"Untuk misinya ada 5 yang saya kedepankan. Misi ini bagaimana cara saya mewujudkan visi tersebut apabila nanti saya terpilih menjadi gubernur bersama-sama dengan wakil gubernur yang terpilih untuk membangun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2024-2029," katanya.

Adapun yang menjadi dasar pertimbangan dirinya untuk mengedepankan visi dan misi tersebut adalah dengan melihat isu strategis yang ada di Babel yang saat ini sedang dirasakan bersama.

Isu strategis tersebut, pertama adalah revitalisasi lingkungan di mana kondisi lingkungan kita pada saat ini yang harus direvitalisasi.

Baca juga: Nobar film "Mencadin" bersama masyarakat, Naziarto: Munculkan potensi daerah

Selanjutnya yang kedua adalah harus mengoptimalisasi pembangunan sektor penggerak pada perekonomian masyarakat. Akibat dari lingkungan yang sekarang ini semrawut, makanya ekonomi masyarakat pun akhirnya menjadi semrawut.

"Oleh sebab itu kita harus gerakkan ekonomi kerakyatan di tengah-tengah kehidupan masyarakat, supaya masyarakat bisa bergeliat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmurannya," katanya.

Kemudian kata Dia, isu strategis berikutnya adalah manajemen Pemerintah Daerah yang transparan.

"Ke depan akan kita lakukan bagaimana manajemen yang transparan akuntabel dan lebih merdeka," katanya.

Kemudian isu strategis yang keempat, bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari saat 2024 nanti.

"Apabila saya terpilih menjadi gubernur, bersama-sama dengan wakil gubernur dan legislatif yang terpilih kita bersinergi berkolaborasi, berkoordinasi dan berkomunikasi yang efektif dan perspektif," ujarnya.

Baca juga: Naziarto ingin tingkatkan perekonomian Babel

Ia menginginkan masa depan Bangka Belitung sesuai dengan visi yang disampaikan tadi, bagaimana harapan dan cita-cita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini ke depan dan bagaimana provinsi ini bisa berkembang secara ekonomi, sosial atau politik, tetapi juga berkeinginan bagaimana membentuk masyarakat yang siap untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, inklusif dan bermakna.

"Untuk masa depan Babel, kita harus membangun pondasi yang kokoh untuk generasi mendatang. Karena kita tidak lagi pada saat ini atau berpikir untuk diri kita sendiri, maupun anak kita. Namun kita harus berfikir untuk cucu, cicit, uyut dan seterusnya," ujarnya.

Baca juga: Naziarto daftar dan kembalikan formulir calon gubernur ke PDIP

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024