Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan acara pelepasan calon haji (calhaj) Provinsi Kepulauan Babel 2024 dilakukan sekali saja, guna menjaga kebugaran calhaj menuju tanah suci Mekah.

"Acara pelepasan calhaj tahun ini hanya dilakukan sekali dan tidak lebih dari 30 menit," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel H. Rebuan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan acara seremonial pelepasan calhaj 2024 cukup dilakukan sekali dan tidak lebih 30 menit ini sesuai Keputusan Dirjen PHU Kemenag Republik Indonesia, guna menjaga kebugaran calhaj dalam melakukan perjalanan menuju tanah suci Mekah.

"Acara pelepasan kloter pertama calhaj akan dilakukan pada pukul 03.30 WIB Rabu (15/5) dini hari dan akan dilepas oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Babel," katanya.

Baca juga: Info Haji 2024 - Kemenag Babel pantau kesehatan calhaj

Baca juga: Info Haji 2024 - Empat calon haji Babel batal berangkat ke Tanah Suci

Ia menyatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta acara pelepasan calhaj di provinsi, kabupaten, kota dan embarkasi dilakukan sekali dan tidak lebih dari 30 menit, karena banyak calhaj yang berusia lanjut.

"Pada tahun sebelumnya setiap kloter calhaj ada acara pelepasan dan tahun ini mengingat banyak calhaj berusia lansia maka acara pelepasan hanya dilakukan sekali, agar calhaj tidak mengalami keletihan," katanya.

Menurut dia kebiasaan masyarakat Kepulauan Babel, keluarga calhaj ini juga melakukan berbagai kegiatan seperti doa bersama, doa selamatan, berkumpul dengan sanak saudara untuk melepas anggota keluarganya menunaikan ibadah haji.

"Hari ini calhaj kloter pertama tiba di asrama haji dan menginap selanjutnya pada Rabu dini hari dilepas Penjabat Gubernur Babel menuju embarkasi Palembang dan setiba di Palembang langsung menuju Madinah untuk menunaikan ibadah haji," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024