Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau sebanyak 62 calon haji asal daerah itu memperbanyak minum air putih guna menghindari dehidrasi selama melaksanakan rangkaian rukun ibadah haji di Tanah Suci.

"Kami mengimbau para jamaah agar memperbanyak mengkonsumsi air putih guna menghindari dehidrasi," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Masdar Nawawi usai acara pelepasan keberangkatan calon haji di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia mengatakan, jamaah calon haji asal daerah itu diimbau rutin minum air putih dan jangan sampai menunggu haus.

Ia mengatakan, kondisi negara Arab Saudi yang panas dan gersang rawan menyebabkan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan.

"Suhu udara di Arab Saudi selama musim haji 1445 Hijriah dilaporkan bisa mencapai 50 derajat celsius karena memang kondisi cuacanya sangat panas," ujarnya.

Ia menjelaskan, imbauan memperbanyak minum air putih juga telah disampaikan oleh tim kesehatan ibadah haji maupun puskesmas setempat.

Baca juga: Info Haji 2024 - Belitung lepas keberangkatan 62 calon haji

"Maka dari itu memperbanyak konsumsi air putih ini sangat penting sekali selama berada di Tanah Suci," katanya.

Masdar menambahkan, saat ini kondisi 62 orang calon haji asal daerah itu dalam keadaan sehat dan siap untuk diberangkatkan.

Akan tetapi, kata Masdar, para calon haji tersebut tetap akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang terakhir kali saat tiba di asrama haji antara Pangkalpinang.

"Kami imbau para jamaah menjaga kesehatan dan menghindari terik panas matahari karena pada musim haji tahun ini kondisi cuacanya panas sampai 50 derajat celsius," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024