Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil memperbaiki kerusakan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah titik daerah itu yang rusak akibat sambaran petir.

"Kami telah menindaklanjuti laporan masyarakat mengenai kerusakan PJU di sejumlah titik dengan cepat," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, lampu PJU yang rusak tersebut berada di sepanjang jalan Sriwijaya, jalan Gatot Subroto, dan jalan Sijuk.

Ia mengatakan, selain akibat sambaran petir kerusakan PJU tersebut juga disebabkan oleh faktor usia lampu yang sudah cukup lama sehingga membutuhkan perawatan dan penggantian.

"Namun bagaimanapun kami tetap berupaya untuk memperbaiki dan menindaklanjuti keluhan masyarakat sehingga terhitung dalam waktu kurang lebih satu jam kerusakan PJU tersebut berhasil kami tangani," ujarnya.

Ramansyah memastikan, kini sejumlah lampu PJU yang dilaporkan padam dan rusak tersebut sudah kembali menyala.

Disampaikan dia, pihaknya bergerak cepat menindaklanjuti laporan kerusakan lampu PJU di daerah itu baik laporan yang disampaikan masyarakat melalui Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (Besadu) Diskominfo Belitung, maupun laporan secara langsung masyarakat kepada petugas di lapangan.

"Semuanya kami tangani dengan cepat dan itu bisa dibuktikan di aplikasi "Besadu" Diskominfo Belitung secara garis besar laporan tersebut tertangani dengan baik, tidak benar jika kami seakan-akan membiarkan kerusakan lampu PJU, laporan itu tidak mendasar," katanya. 

Ia menambahkan, persoalan PJU juga meliputi dari berbagai kewenangan baik pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah.

"Kemudian perlu diketahui juga PLN berperan dalam PJU karena aliran listrik tetap dari mereka," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024