Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka pendaftaran anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang akan bertugas di Pilkada 2024 mendatang.

"Kami membuka pendaftaran bagi putra-putri terbaik Belitung untuk menjadi anggota PKD pada Pilkada serentak 2024," kata Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, pembukaan pendaftaran anggota PKD Pilkada Belitung 2024 ini sesuai dengan petunjuk teknis rekrutmen PKD yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI Nomor: 215/HK.01.01/05.2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan panitia PKD untuk Pilkada serentak 2024.

Ia mengatakan, jadwal penerimaan berkas pendaftaran anggota PKD Pilkada serentak 2024 di daerah itu dibuka mulai 18-21 Mei mendatang.

"Pada, Jumat (17/5) malam kami sudah bergerak cepat membuat dan mengedarkan pengumuman pendaftaran PKD Pilkada serentak 2024 melalui website Bawaslu Belitung, media daring, maupun media cetak," ujarnya. 

Aris menambahkan, pendaftaran dapat dilakukan secara daring di website Bawaslu Belitung dan juga datang langsung ke kantor Bawaslu Belitung.

"Jadi kalau putra-putri terbaik Belitung ingin mengetahui apa-apa saja persyaratan pendaftaran langsung saja ke kantor Bawaslu Belitung nanti ada petugas yang akan menerima pendaftaran dan menjelaskan terkait persyaratan," katanya. 

Ia menyampaikan, proses pendaftaran awal atau penerimaan berkas pendaftaran akan ditangani oleh Bawaslu kabupaten karena Panwascam di tingkat kecamatan belum terbentuk.

"Sebagaimana sesuai dengan juknis yang dikeluarkan pada poin A dalam hal belum terbentuk panwaslu kecamatan, bawaslu kabupaten/kota sebagai jajaran pengawas pemilu satu tingkat di atasnya dapat melakukan pengambilalihan proses pembentukan sampai dengan panwaslu kecamatan terbentuk sehingga dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya kembali," ujar Aris.

Ia menjelaskan, sedangkan untuk tahapan tes wawancara bagi anggota PKD Pilkada serentak 2024 akan dilaksanakan pada 27-28 Mei yang dilakukan oleh Panwascam karena sudah terbentuk.

Adapun pelantikan anggota PKD Pilkada serentak 2024 yang terpilih akan dilaksanakan pada 2 Juni mendatang sesuai juknis yang dikeluarkan dari keputusan Bawaslu RI.

"Kami sangat berharap semoga jumlah pendaftar PKD Pilkada serentak 2024 ini dapat terpenuhi sebanyak 49 orang," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024