Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) Selawang Segantang untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalankan usaha.

"Kehadiran MPP untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penyelenggaraan MPP di Pangkalanbaru, Babel, Rabu.

Bupati menjelaskan MPP merupakan pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, serta swasta secara terpadu pada satu tempat.

"Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan serta dapat meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha," ujarnya.

Bupati juga mengatakan MPP merupakan bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui percepatan reformasi birokrasi.

"Penandatanganan kesepakatan bersama dan PKS ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bangka Tengah melalui MPP Selawang Segantang," ujarnya.

Kepala DPMPTK Kabupaten Bangka Tengah Wiwik Susanti menyampaikan keberadaan MPP bisa memudahkan akses masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari kompleks perkantoran Pemkab Bangka Tengah.

"Masyarakat yang jauh bisa datang ke MPP Selawang Segantang untuk mendapatkan pelayanan publik. Di sana nanti akan ada beberapa gerai pelayanan, mulai dari kependudukan, perpajakan, perizinan, imigrasi, dan lainnya," katanya.

Wiwik mengatakan MPP Selawang Segantang direncanakan akan memulai peluncuran terbatas pada minggu kedua Juni di Kantor Kecamatan Pangkalanbaru dengan pelayanan sebanyak 24 gerai, di antaranya 11 gerai pelayanan OPD Bangka Tengah, dan 13 gerai pelayanan instansi vertikal, BUMN, dan BUMD.

"Hari ini kita sudah tanda tangani PKS dan rencana kerja bersama beberapa instansi yang nantinya mereka akan mengisi gerai pelayanan di MPP Selawang Segantang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024