Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Bangka Selatan, Senin (3/6).

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" mengandung makna menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama dan budaya.

"Pancasila dan nilai-nilai yang dikandung menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," ujarnya.

Ia mengatakan, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Riza mengatakan, Pancasila mampu mempersatukan dalam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," ujarnya.

Dirinya mengajak, seluruh masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong menjaga kerukunan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

"Semoga peringatan hari Pancasila ini dapat menambah semangat kita untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil dan makmur," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024