Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus memantau harga bahan pangan guna pengendalian inflasi di daerah itu.

"Bangka Selatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pangan agar tetap astabil," kata Sekretaris Daerah Bangka Selatan, Harus Setiawan, Senin.

Ia mengatakan, pemantauan harga dan ketersediaan stok dilakukan untuk pengendalian inflasi di daerah sesuai dengan instruksi Presiden dalam rakornas pengendalian inflasi beberapa waktu lalu.

"Pemerintah daerah sudah melakukan beberapa upaya untuk pengendalian inflasi yang dilakukan oleh Disperindag dan Dinas Pertanian Pangan Perikanan," ujarnya.

Upaya yang dilakukan yakni pemantauan harga komoditas-komoditas bahan pangan yang ada di pasar yang diperkirakan akan meningkat jelang hari-hari besar seperti hari Raya Idul Adha.

"Dari hasil pemantauan yang telah dilakukan oleh tim untuk harga bahan pangan jelang hari raya kemarin masih relatif stabil," ujarnya.

Haris mengatakan, selain pemantauan harga, Disperindag dengan skala tertentu juga menggelar operasi pasar bekerja sama dengan Bulog yang diharapkan dapat membantu menstabilkan harga kebutuhan bahan pangan.

"Jelang hari raya kemarin, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan juga telah melakukan antisipasi beberapa komoditas yang tingkat konsumsinya akan naik, sehingga dilakukan penambahan volume persediaan stok," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024