Kantor Kementerian (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyatakan jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 04 PLM asal daerah itu dari Kota Suci Makkah bersiap kembali ke Tanah Air.

"Tercatat lebih dari 400 orang haji Kloter 04 PLM sudah siap dipulangkan ke Tanah Air," kata Panitia Pemberangkatan Jamaah Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Senin.

Ratusan peserta haji tersebut, kata dia diberangkatkan ke Madinah dari Kota Makkah pada Selasa (26/6) dan tiba di Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Sumatera Selatan pada Rabu (27/6) sekitar pukul 01.15 WIB.

"Di hari itu pula jamaah haji dalam kloter itu langsung diberangkatkan menuju asrama haji di Kota Pangkalpinang," jelas dia.

Sedangkan untuk kepulangan jamaah haji Kloter 05 PLM sesuai jadwal kembali ke Tanah Air pada Sabtu 29 Juni 2024. 

Pihaknya mengatur keluarga jamaah yang menjemput hanya satu mobil per jamaah, mobil yang membawa jamaah haji harus dipasang stiker atau tanda penjemputan jamaah dari Kemenag.

"Mobil yang tidak dipasang stiker tidak diperbolehkan masuk di area asrama haji dan diusahakan penjemputan jamaah haji dilakukan kolektif oleh Kemenag dari masing - masing daerah," jelasnya.

Selama pemberangkatan sampai kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Bangka, terdata dua orang meninggal dunia yakni Umiyana (40) meninggal dunia di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang karena sakit sebelum diberangkatkan ke Madinah.

Dan Abdul Hamid Usman (80) Kloter 04 PLM meninggal dunia di Rumah Sakit Saudi Jerman Makkah, sebelumnya yang bersangkutan sempat menjalani operasi jantung dan dinyatakan berhasil, bahkan sudah dapat kembali ke hotel.


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024