Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan bakal mempertimbangkan faktor elektabilitas untuk menentukan peluang pengajuan kadernya yakni Ahmad Sahroni untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.
 
Menurutnya Partai NasDem selalu mendukung calon kepala daerah berdasarkan dua faktor, yaitu faktor elektabilitas atau tingkat keterpilihan, dan faktor kapabilitas atau kemampuannya. Dalam hal ini, dia yakin Sahroni punya kapabilitas tetapi belum tentu soal elektabilitas.
 
"Ada dua hal yang selalu jadi referensi bagi NasDem untuk menempatkan pilihan akhirnya, definitifnya, satu faktor elektabilitas, kedua ya kapabilitas," kata Surya usai menghadiri kegiatan peluncuran buku Pancasila Di Rumahku, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.
 
Jika ingin maju dalam Pilkada, menurutnya harus persiapan yang dilakukan harus meliputi kesiapan lahir dan batin, serta melihat kondisi di lapangan.
 
"Ikut-ikutan nggak menentu nanti terjungkir, untuk apa," katanya.
 
Untuk itu, dia memastikan bahwa NasDem tidak selalu memprioritaskan kadernya untuk diusung menjadi calon kepala daerah. Menurutnya NasDem bakal mengusung sosok yang terbaik untuk dicalonkan.
 
Sejauh ini, menurutnya berbagai survei mencatat nama Anies Baswedan selalu menempati peringkat teratas dalam elektabilitas untuk Pilkada Jakarta. Dia menilai pihak-pihak lain pun enggan menghadapi Mantan Gubernur Jakarta itu.
 
"Ini amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei, rankingnya nomor satu," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024