Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

"Kita berkunjung ke kantor Kesbangpol Babel dalam rangka berdiskusi dan berkoordinasi terkait persiapan Pilkada 2024," kata Wakil Bupati Bangka Tengah Era Susanto di Koba, Selasa.

Era mengatakan. ada beberapa hal penting terkait pilkada yang harus disiapkan, di antaranya dukungan anggaran, dukungan fasilitas dan dukungan kelembagaan, khususnya terkait pengamanan.

“Untuk anggaran sendiri ada beberapa hibah anggaran yang sudah cair diterima oleh KPU dan Bawaslu Bangka Tengah," ujarnya.

Untuk Kodim dan Polres Bangka Tengah, kata Era, masih dalam proses, sedangkan untuk fasilitas sendiri pihaknya sudah meminjam beberapa gedung atau ruangan yang akan dijadikan sebagai sekretariat PPK, Panwaslu maupun PPS.

Ia mengatakan, akan selalu menjalin sinergitas dengan Pemprov Babel dalam menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024.

"Kita akan terus berkomunikasi dengan Pemprov Babel, khususnya Bakesbangpol untuk persiapan pilkada. Jangan sampai nanti anggaran sudah siap tapi ada hal lain yang membuat kita tidak siap," ujarnya.

Justru itu, kata dia, harus diantisipasi dan disiapkan dengan baik mulai sekarang.

Kepala Bakesbangpol Provinsi Babel Ahmad Yani memberikan apresiasi kepada Era selaku pejabat daerah atas kunjungan dan kepeduliannya terkait pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kami senada dan satu tujuan, penyelenggaraan pilkada nampaknya agak berat dibanding pilpres, harus kita antisipasi, khususnya terkait kisruh yang mungkin terjadi baik menjelang maupun seusai pilkada," ujarnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024