Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) bersama Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan edukasi imunisasi bagi balita, guna mencegah dan menekan kasus polio di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, dan sharing ilmu itu penting untuk mencegah polio," kata Ketua BKOW Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat membuka Talkshow Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Remaja dan Sosialisasi Pentingnya Pekan Imunisasi Nasional Polio di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan Talkshow Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Remaja dan Sosialisasi Pentingnya Pekan Imunisasi Nasional Polio Provinsi Kepulauan Babel yang diikuti 50 peserta offline dan 115 peserta online, guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengimunisasi anaknya, agar tidak mengalami polio.

“Saya berterima kasih kepada IIDI yang sudah mengadakan talkshow yang sangat menarik dan bermanfaat ini dan diharapkan  ilmu-ilmu luar biasa yang sudah disharing oleh para narasumber kita ini, bisa dibagikan pula ke lingkungan kita, ke organisasi kita, karena kita ini agen perubahan, Ibu-Ibu,” ujarnya. 

Ia menekankan akan pentingnya imunisasi, khususnya imunisasi untuk mencegah polio. Apalagi  Kepulauan Babel masuk dalam 30 Provinsi dengan risiko tinggi terjangkit virus polio. 

"Rencananya pada 23 Juli 2024 mendatang akan mulai dilaksanakan imunisasi secara serentak dan  diminta para anggota BKOW untuk turut andil bersinergi menyukseskan program tersebut," katanya.

Ia menegaskan tujuan kegiatan ini ialah untuk menyadarkan masyarakat bahwa vaksin ini penting, bukan hanya sekedar untuk mencapai target nasional, sehingga apabila kesadaran tersebut terbentuk, maka akan lebih mudah untuk mencapai Kepulauan Babel bebas dari polio. 

“Polio ini sangat mengkhawatirkan, karena bisa menyebabkan cacat permanen dan virusnya dapat menular. Untuk itu, kita harus bersama-sama mengajak dan menyadarkan masyarakat kita, bahwa imunisasi khususnya imunisasi polio itu penting,” katanya.

Talkshow dan Sosialisasi Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Remaja dan Sosialisasi Pentingnya Pekan Imunisasi Nasional Polio dinarasumberi oleh dr. Andri Nurtito Mars (Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan  Babel), dr. Baiq Watik Widya Rochmawati Juniastuti, M.Sc, Sp.A (Dokter Spesialis Anak) dan Rahmawati Tri Lestari, M. Psi, (Psikolog).  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024