Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggelar ERPEKA Festival UMKM Bangka Belitung pada Agustus 2024 mendatang,

Festival yang akan berlangsung selama empat hari, di mulai dari tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan 4 Agustus 2024, dalam rangka melaksanakan salah satu tugas dan fungsi dari UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan, dimana mengikutsertakan UMKM dan IKM yang ada di Babel dan Instansi yang berwenang terhadap perizinan produk UMKM.

Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Alfatah Suriaan menjelaskan, kegiatan ERPEKA Festival UMKM yang pelaksanaanya di Taman Wilhelmina Pangkalpinang atau taman sari di belakang rumah Dinas Walikota Pangkalpinang dalam upaya memberikan fasilitasi akses pasar lokal terhadap UMKM Bangka Belitung.

“Kita mengajak UMKM, melalui registrasi. Kegiatan ini untuk memberikan fasilitasi akses pasar lokal , dimana lokasinya itu di taman wilhelmina belakang Rumah Dinas Walikota,” katanya, Kamis (11/7).

Untuk memeriahkan acara tersebut, lanjut Alfatah. Pihaknya mengajak para IKM dan UMKM di Bangka Belitung untuk mempromosikan produk dan menjualnya di stand-stand yang telah disediakan kepada masyarakat yang mengunjungi ERPEKA Festival.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada masyarakat yang mencintai makanan olahan dan minuman UMKM dan IKM, serta pengembangan produk UMKM dipersilahkan untuk hadir dan meramaikan acara tersebut.

“Kamis ini, terakhir pendaftaran UMKM. Yo ramaikan acara tersebut banyak produk-produk olahan UMKM dan IKM. Usai mendaftar, pihak UPTD RPK akan melakukan seleksi atas berkas-berkas yang telah di kirim dalam aplikasi tersebut, untuk menentukan IKM dan UMKM mana saja yang bisa mengikuti ERPEKA festival, salah satu syaratnya pernah melakukan cetak kemasan selama dua bulan terakhir di kami,” ujarnya.

Sementara itu, Subbkor yang menangani Promosi UPTD RPK Yossie menambahkan, bagi seluruh masyarakat Bangka Belitung yang ingin melihat acara pembukaan dan pelaksanaannya, dipersilahkan datang.

Direncanakan UPTD RPK Babel melibatkan IKM dan UMKM serta instansi untuk memberikan pelayanan terkait perizinan produk UMKM. Dengan agenda kegiatan yang cukup banyak, karena tidak hanya bazar produk UMKM, tapi juga ada layanan produk, perlombaan, talk show hingga panggung hiburan.

“Yo Masyarakat datang dan ramaikan ERPEKA Festival ini yang dilaksanakan di taman Wilhelmina Pangkalpinang,” tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024