Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong warga setempat untuk mengembangkan produk khas daerah untuk meningkatkan perekonomian.

"Kami terus mendorong warga untuk berpikir dan bertindak lebih kreatif dalam mengembangkan produk khas daerah yang berbahan baku lokal," kata Kepala Disperindagkop Bangka Tengah Useng Komara di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, ada beberapa produk khas daerah yang berbahan baku lokal yang sudah mulai dikembangkan di antaranya minyak serai wangi, minuman jeruk kunci, aneka menu makanan yang berbahan baku dari ikan.

"Itu merupakan produk khas lokal yang membutuhkan kreatifitas dan kemauan keras untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dan mampu menopang perekonomian," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat harus mampu mengembangkan ekonomi kreatif dengan menciptakan produk baru yang memiliki nilai ekonomis dan layak jual.

"Di tengah kondisi ekonomi terpuruk saat ini, maka masyarakat yang kreatif akan mampu bertahan karena mereka selalu berinovasi dan bekerja keras dalam menciptakan produk yang layak jual," ujarnya.

Ia mengatakan, kerajinan tangan tradisional juga mampu menopang perekonomian masyarakat jika dikemas dan dipasarkan dengan baik.

"Demikian juga produk kreatif berupa souvenir, tentu ini memiliki prosfek yang cukup bagus dikembangkan mengingat pemerintah daerah sedang konsen mengembangkan sektor kepariwisataan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016