Berbagai peristiwa penting dan menarik terjadi di Bangka Belitung (Babel) selama sepekan dari Senin (22/7) hingga Sabtu (27/7) menjadi sorotan di antaranya nama kandidat calon Pj Bupati Belitung hingga pergantian Kapolda Babel.

Berikut rangkuman beritanya: 

1. Bangka Barat fasilitasi Festival Budaya Suku Jerieng
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ((Babel), memfasilitasi pelaksanaan Festival Budaya Suku Jerieng sebagai salah satu upaya pelestarian tradisi warga setempat.
 
"Pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena budaya, tradisi, adat, atau kearifan lokal yang ada di suatu daerah itu tetap perlu dikembangkan untuk diwariskan kepada generasi penerus," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Barat Heru Warsito di Mentok, Senin.

Baca selengkapnya di sini

2. Ditreskrimum Polda Babel tangkap mucikari jajakan korban Rp1,5 juta sekali kencan


Tim Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Bangka Belitung mengamankan seorang mucikari berinisial RTH (18), Senin (22/7/24) malam.
 
Wanita Kota Pangkalpinang ini diamankan saat berada disalah satu Hotel yang ada di Kota Pangkalpinang.
 
"Benar, tadi malam pelaku diamankan oleh Ditreskrimum, terkait kasus tindak pidana perdagangan orang,"kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo kepada ANTARA Babel di Pangkalpinang, Selasa (23/7/24).

Baca selengkapnya di sini

3. DPRD Belitung kembali usulkan nama kandidat calon Pj bupati

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali mengusulkan tiga nama kandidat calon Pj Bupati Belitung kepada Kementerian Dalam Negeri.
 
Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan pengusulan ini dilakukan guna menindaklanjuti pengunduran diri Pj Bupati Belitung saat ini karena akan mengikuti pencalonan Pilkada 2024.

Baca selengkapnya di sini 

4. Polres Bangka Tengah lakukan penindakan hukum efektif sikapi kasus tambang timah


Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencari formulasi yang tepat dan penindakan hukum lebih efektif dalam menyikapi kasus penambangan bijih timah ilegal di daerah setempat.
 
"Ke depan sama-sama kita mencari formulasi yang tepat, supaya ada bentuk penindakan lebih efektif dan efisien untuk penanggulangannya," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Pradana Aditya Nugraha di Koba, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

5. Babel tindak tegas tambang ilegal di kawasan reklamasi


Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menindak tegas penambangan bijih timah di kawasan reklamasi, karena dapat menggagalkan Program Semarak Babel dalam menghijaukan kembali lahan kritis di Negeri Serumpun Sebalai itu.
 
"Ini yang paling sering terjadi, lahan kritis yang ditanam dirusak lagi oleh penambang-penambang timah ilegal ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA di Pangkalpinang, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

6. Mutasi Polri kembali bergulir, Kapolda Bangka Belitung berganti


Mutasi di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali bergulir. Total ada sebanyak 157 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri mengalami rotasi jabatan.
 
Dari 157 Pati dan Pamen tersebut, terdapat 6 (enam) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang berganti termasuk Kapolda Bangka Belitung.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Bima Agustian

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024