Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan untuk mengawal pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada yang akan digelar 27 November 2024.

"Saat ini kami terus melakukan berbagai persiapan, salah satunya yang dilaksanakan hari ini berupa latihan pengendalian massa oleh para personel kelompok Dalmas," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, tahapan Pilkada 2024 saat ini terus berjalan dan perlu kesiapan seluruh personel yang akan terlibat langsung dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Peleton Dalmas Polres Bangka Barat juga terus berlatih agar semakin cakap dan responsif terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi selama tahapan pemilu berjalan.

"Latihan hari ini kami maksudkan agar seluruh personel yang terlibat mampu melaksanakan tugas mengendalikan massa saat dibutuhkan," katanya.

Latihan digelar selama tiga hari berturut-turut ini juga dilakukan pembekalan untuk dapat meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel saat menghadapi kerumunan warga.

Selain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel, latihan juga diharapkan bisa membentuk sikap siap siaga seluruh personel dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan.

"Kami juga memberikan beberapa materi untuk membentuk mental emosional yang stabil yang artinya para personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik saat bertugas," katanya.

Dengan semakin banyak berlatih teori dan praktik lapangan diharapkan para personel semakin siap dan matang dalam menghadapi segala situasi.

"Ini sebagai bentuk persiapan kami sebagai antisipasi dan pencegahan kemungkinan terjadinya gangguan, namun kita berharap pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan aman, tertib dan lancar sehingga masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan produktif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024