Toboali (Antara Babel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengelar patroli kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), guna meningkatkan animo masyarakat melakukan perekaman e-KTP.

"Patroli ini tidak hanya dilakukan di kecamatan, tetapi di seluruh pelosok desa," kata Kepala Dukcapil Bangka Selatan, Suwandi di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan patroli e-KTP ini sangat membantu masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP, seiring ketersediaan angkutan umum di perdesaan masih kurang.

"Alhamdulillah, minat masyarakat melakukan perekaman e-KTP di kantor Dukcapil dan camat mengalami peningkatan signifikan," ujarnya.

Ia membantah ada alat untuk merekam e-KTP di Kecamatan Pulau Besar mengalami kerusakan, sehingga dapat menghambat percepatan program e-KTP tersebut.

"Tidak ada alat yang rusak, semua berjalan dengan baik. Lihat sekarang di kantor banyak warga yang merekam E-KTP," katanya.

Sementara itu Sekretaris Desa Suka Jaya Kecamatan Pulau Besar, Ruslan mengatakan sudah hampir setahun lebih terjadi kerusakan pada alat perekaman di Kecamatan Pulau Besar.

"Saat ini warga belum bisa melakukan perekaman, karena peralatan e-KTP rusak,"katanya.

Ia mengatakan warga yang hendak melakukan perekaman e-KTP harus ke Kantor Dukcapail di Kecamatan Toboali yang berjarak sangat jauh atau membutuhkan waktu dua jam perjalanan.

"Warga terkadang harus menginap, jika blangko di dinas habis, sehingga membutuhkan biaya dan waktu yang lama untuk mengurus mengurus administrasi kependudukan ini," katanya. 

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016