Tim tari SD Negeri 1 Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menampilkan tarian budaya "Urang Sekak" pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD sederajat tingkat nasional tahun 2024.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Pemali Bangka Tjik Ani dalam keterangannya di Sungailiat Minggu mengatakan, kepastian ikut lomba FLS2N tingkat nasional itu setelah timnya yang terdiri atas tiga orang berhasil memenangkan pada lomba yang sama tingkat Provinsi Bangka Belitung.

"FLS2N tingkat nasional diselenggarakan dalam jaringan -daring-, dan kami sudah mengirim video ke panitia penyelenggara untuk dipilih 10 besar," katanya

Tari "Urang Sekak" menceritakan tentang suku laut yang terkenal sebagai pelaut atau nelayan yang "nomaden", Urang Sekak kemudian menetap di pesisir Kubung dan Mapur. Sebagian besar kehidupan dan bahkan rumah mereka berada di atas laut dan sebagian ada yang berada di pesisir pantai.

"Tarian ini merupakan fragmen kehidupan anak-anak 'Urang Sekak' selama kehidupan nomaden mereka di laut dan juga setelah mereka menetap di Pulau Bangka dengan segala akulturasi kebudayaan Tudung Saji khas Urang Bangka," kata Tjik Ani.

Dia menjelaskan, pihaknya berkolaborasi dengan pihak sanggar tari, bahkan, karena lomba dilakukan secara daring maka pihaknya juga melibatkan tim properti luar seperti "Lingting" (pencahayaan) untuk pembuatan studio, kamerawan, dan yang lain.

FLS2N SD sederajat diselenggarakan secara bertingkat dari tingkat daerah hingga tingkat nasional, untuk menjaring peserta terbaik.

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial di bidang seni budaya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024