Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan NOC Prancis David Lappartient mengapresiasi perolehan emas Veddriq Leonardo dalam Olimpiade Paris 2024, kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

"Saya tadi sama mereka dan menyaksikan bagaimana Indonesia dapat emas pertama. Mereka memberikan selamat," kata pria yang kerap disapa Okto itu dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, momentum itu juga bagus untuk Indonesia karena pemerintah hendak mengajukan lamaran menjadi tuan rumah Youth Olympic 2030.

Okto mengatakan, perolehan emas Veddriq  sangat mengharukan, sebab menjadi yang pertama untuk kontingen Indonesia dalam Olimpiade, serta perdana dari luar cabang olahraga bulu tangkis.

"Siapa yang tidak sedih, siapa yang tidak bangga Indonesia mendapatkan medali emas pertama, Indonesia Raya berkumandang," ujar dia.

Baca juga: Emas Veddriq Leonardo bawa Indonesia naik drastis dalam klasemen medali Olimpiade Paris 2024

Baca juga: Veddriq Leonardo ucapkan syukur dan persembahkan medali emasnya sebagai kado HUT RI

Okto mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak berhenti berdoa agar medali emas juga bisa diraih oleh lifter Rizki Juniansyah, Bernard van Aert, dan lifter putri Nurul Akmal.

Veddriq Leonardo meraih medali emas Indonesia di panggung olahraga multi event empat tahunan itu.

Pria asal Pontianak itu juga mencatatkan sejarah sebagai peraih medali emas pertama buat Indonesia dari cabang olahraga di luar bulu tangkis.

Sejarah juga tercipta, sebab medali itu merupakan yang pertama sejak nomor speed dipertandingkan perseorangan dalam Olimpiade, karena dalam Olimpiade Tokyo 2020, nomor lead border dan speed digabung.

Baca juga: Perjalanan Veddriq Leonardo "Spiderman" Indonesia penyumbang emas Olimpiade

Baca juga: Presiden Jokowi: Veddriq Leonardo atlet kebanggaan bangsa

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024