Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar penyuluhan dan sosialisasi metrologi legal atau tera ulang alat timbangan kepada para pengusaha di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Belitung Timur Ferry Irwan di Manggar, mengatakan sosialisasi terkait tera ulang ini sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya metrologi dalam kehidupan sehari-hari dan dunia usaha.

Kegiatan ini diikuti puluhan pengelola SPBU, AMPS, SPDN, perwakilan perusahaan kelapa sawit dan para pedagang.

"Saya berharap para pengusaha dapat memahami jenis-jenis alat ukur yang wajib ditera dan ditera ulang, serta mengetahui jangka waktu pelaksanaannya,” kata Ferry.

Metrologi legal menurut Ferry, merupakan aspek penting dalam dunia usaha dan kehidupan sehari-hari.

"Ketepatan dan ketertiban dalam penggunaan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen serta kelancaran kegiatan ekonomi," ujarnya.

Pemahaman dan kepatuhan terhadap regulasi metrologi legal, kata dia, bukan hanya kewajiban semata tetapi juga memberikan keuntungan yang signifikan bagi pelaku usaha.

Dengan pemahaman yang baik tentang regulasi ini, masyarakat dapat memastikan bahwa setiap alat ukur yang digunakan telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Pada akhirnya kata dia akan menciptakan rasa keadilan dam kepercayaan dalam transaksi perdagangan.

“Jika semua alat ukur sudah ditera, tentunya akan menciptakan citra positif Kabupaten Belitung Timur sebagai daerah tertib dan terpercaya dalam bidang metrologi,” kata Ferry.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024