Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) mengembangkan jasa rumah penginapan atau "homestay" di Pulau Belitung, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di pulau itu.

"Kami berharap kerja sama pengembangan "homestay" ini dapat mempercepat pembangunan sektor pariwisata dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Belitung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan pengembangan homestay akan difokuskan di pusat-pusat objek wisata di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, sehingga wisatawan tidak lagi kesulitan mencari penginapan selama menikmati keindahan alam di pulau itu.

"Pada tahun ini akan dibangun 1.000 unit homestay, sehingga pengembangan jasa penginapan ini juga dapat mendorong usaha kecil dan menengah masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan pengembangan homestay ini akan berdampak positif terhadap program pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, pengangguran dan meningkatkan peran masyarakat mempercepat pembangunan sektor pariwisata.

"Pengembangan homestay ini tentu akan membuka lapangan usaha baru bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia pengembangan homestay guna meningkatkan akomodasi pariwisata, sehingga wisatawan tidak lagi kesulitan mencari jasa rumah penginapan yang aman dan nyaman.

"Kebutuhan homestay cukup mendesak, mengingat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di Pulau Belitung yang tinggi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016