Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang mengimbau orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun untuk segera melengkapi imunisasi polio tahap kedua sebagai upaya melindungi anak dari virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. 

Sebelumnya pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio Tahap I yang telah dilaksanakan dari 23 Juli sampai dengan 11 Agustus 2024 lalu, sebanyak 29.431 anak telah mendapatkan imunisasi polio dari target sebanyak 30.434 anak di wilayah Kota Pangkalpinang. 

Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Juwita di Pangkalpinang, Jumat (16/8), mengatakan pada tahap kedua PIN Polio yang berlangsung dari tanggal 12 sampai dengan 18 Agustus 2024 nanti,  para orang tua bisa mengakses pelayanan imunisasi polio secara gratis melalui Pos PIN Polio yang tersedia di kelurahan, posyandu, Taman Kanak-Kanak dan PAUD. 

"kami sudah koordinasi dengan lintas sektoral yang terkait seperti kelurahan, kecamatan, rt-rw bahkan penanggung jawab PKK di setiap kelurahan terus berkoordinasi juga dengan Dikbud terus kemudian kepala Kemenag ada kordinasi melalui grup wa juga, jadi setiap hari itu kami ada jadwal supervisi jadi kami kunjungan ke setiap pos pin yang buka terus kemudian kami juga langsung turun ke lapangan jika ada masalah terkait pin polio ini" katanya. 

Ia menyebutkan sampai dengan tanggal 15 Agustus 2024, sebanyak 13.409 anak di Kota Pangkalpinang telah mendapatkan imunisasi polio tahap dua. 

Ia menambahkan untuk mencapai target 30.434 anak di wilayah Kota Pangkalpinang pihaknya juga akan melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi langsung rumah warga dan ruang publik. 

Ia berharap melalui Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap II ini para orang tua dapat berperan aktif dan bekerja sama untuk melengkapi imunisasi polio anak guna memberikan hak anak dalam mencapai kesehatan.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024