Komando Distrik Militer (Kodim) 0413/Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sosial kepada 320 keluarga beresiko stunting di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah, sebagai rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Tahun 2024.

"Bantuan ini untuk mempercepat penurunan stunting," kata Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol Arhan Agung Rakhman Wahyudi di Desa Namang, Jumat.

Ia mengatakan TMMD Ke-121 tahun ini dilaksanakan selama satu bulan dimulai 24 Juli hingga 22 Agustus 2024, merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan pemerintah daerah, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat.

"Kegiatan untuk membantu pemerintah daerah guna mempercepat akselesasi pembangunan di daerah, terutama membangun infrastruktur daerah yang terisolir, tertinggal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kepentingan pertahanan agar tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI bersama rakyat," katanya.

Ia menyatakan dalam mendukung program pemerintah dalam mempercepat penurunan stunting ini, Korem 0413/Bangka tidak hanya menyalurkan bantuan sosial kepada keluarga beresiko stunting, tetapi juga melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak di posyandu.

"Kita bersama dinas kesehatan dan instasi terkait lainnya juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, bersih dan memberikan makanan sehat bergizi kepada anak-anaknya untuk mencegah kasus stunting ini," ujarnya.

Menurut dia semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus dibangun  serta dipelihara.

"Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensu wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan nasional yang kokoh," katanya.  **3**

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024