Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2024 sebagai bentuk kesiapan petugas yang akan diterjunkan untuk pengamanan Pilkada 2024.

"Apel ini digelar untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri dan instansi terkait sebelum diterjunkan ke lapangan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Jumat.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Bangka Barat diikuti oleh jajaran TNI, Polri dan instansi terkait.

Dengan adanya kegiatan diharapkan semua perencanaan yang sudah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mensukseskan pelaksanaan pilkada yang aman.

"Demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kepada masyarakat Indonesia dalam berserikat berkumpul, serta menyampaikan pendapat yang dilindungi pemerintah," katanya.

Menurut dia, Pilkada 2024 adalah salah satu bentuk dari kemerdekaan rakyat dalam memilih wakil rakyat maupun kepala pemerintah sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan berjalan dengan aman.

Ade menambahkan, pada saat inilah Polri menjalankan tugas dan mengambil peran melakukan pengamanan proses pilkada agar bisa terlaksana optimal.

“Gangguan kamtibnas seperti polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, politik uang, isu bernuansa SARA dan potensi konflik antar pendukung Pemilu perlu kita waspadai bersama," ujarnya.

Ia mengatakan, Polres Bangka Barat menggelar Operasi Mantap Praja Menumbing 2024, juga sebagai salah satu cara untuk mengingatkan seluruh personel agar tetap menjaga sikap netral dalam pelaksanaan pilkada sekaligus meminimalkan segala tindakan kontraproduktif yang justru dapat mencederai nilai-nilai profesionalitas yang ada.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024