Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi pengembangan wisata desa guna mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Desa memiliki potensi luar biasa, baik potensi alam maupun budaya yang dimiliki, untuk terus dikembangkan, terutama sektor pariwisata agar semakin baik dan diminati para wisatawan," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Sabtu.

Salah satu wisata yang difasilitasi dan didukung untuk terus berkembang adalah Ekspo Desa Wisata yang digelar di Kolong Cepakek Desa Airlimau Kecamatan Mentok, sudah dilaksanakan untuk kali kedua di tahun ini.

Pada kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, panitia menyiapkan sejumlah kegiatan, antara lain jalan santai, senam sehat, tari Kreasi, lomba menembak, edukasi mendaur ulang sampah, lomba kicau, cek kesehatan gratis, karaoke undian, inovasi integrasi sapi dengan perkebunan sawit dan berbagi pengalaman merintis desa wisata.

"Kami mendukung upaya yang sudah dilakukan pemerintah desa dan warga Desa Airlimau, mereka memiliki komitmen yang tinggi untuk bersama-sama mengembangkan wisata ini. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap warga dan pengembangan wisata desa," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu menjadi daya tarik dan potensi yang telah mengantarkan Pemerintah Desa Airlimau menerima berbagai penghargaan tingkat nasional maupun regional.

"Ini menjadi bukti adanya kerja sama yang baik antara pemerintah desa dengan masyarakat," ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh pihak terkait untuk terus menjaga kekompakan dan terus bekerja sama untuk memberikan sumbangsih pada pembangunan daerah dan nasional yang dimulai dari tingkat desa.

"Mudah-mudahan dengan kebersamaan ini, Bangka Barat bisa menjadi daerah yang maju, sejahtera, bermartabat dan berkelanjutan. Tanpa adanya kekompakan, saling bantu dan gotong royong hal ini tidak akan mampu diraih," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024