Sebanyak empat personel Polda Bangka Belitung dan Polres Jajaran mengikuti Pelatihan Operator Inafis Portable System Gelombang II Tahun Anggaran 2024.

Mereka ialah Ps. Panit 2 Unit 1 Siident Ditreskrimum Polda Babel Bripka Januar Pratama, Ps. Kaur Identifikasi Polres Bangka Aipda Ferry N, Bintara Identifikasi Polres Bangka Tengah Brigadir Merta S dan  Kaur identifikasi Polres Belitung Timur Bripka Ferdinan.  

Pelatihan ini sendiri diselenggarakan oleh Pusinafis Bareskrim Polri yang berlangsung di Hotel Veranda Jakarta.

Bripka Januar mengatakan pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 21 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2024.

"Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari dibuka langsung oleh Kapusinafis Bareskrim Polri Brigjen Pol Mashudi,"kata Januar dalam keterangan rilis yang diterima di Pangkalpinang, Minggu (25/8).

Menurut Januar, Pelatihan Operator Inafis Portable System Gelombang II Tahun Anggaran 2024 ini diikuti oleh sebanyak 22 Polda dan 28 Polres/ta seluruh Indonesia.

Adapun materi yang disampaikan, lanjut Januar yakni terkait pelatihan pengoperasian alat khusus sidik jari. Sehingga, kedepan seluruh personel pengemban fungsi ini dapat menggunakan alat tersebut.

Ditambahkan Januar, usai pelatihan juga dilakukan praktek langsung kepada 51 orang personel pelatihan.

"51 orang dilombakan untuk praktek langsung terkait identifikasi sidik jari menggunakan alat itu dengan cepat,"ujarnya.

"Alhamdulillah, kita 3 orang dari Polda Babel masuk 10 besar tercepat dalam praktek langsung,"pungkasnya. 

Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk dapat mengungkap suatu tindak pidana di TKP sehingga terwujudnya pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024